Makan Lomie & Resepnya :)

Saya kan memang suka segala sesuatu berbau makanan. Dari icip2 makanan baru, ngantri di tempat makan yang penuh audzubillah, saya juga suka masak :) YAng pernah2 maen ke rumah kali pernah ngrasain ya :)

Nah, kebeneran siang ini saya udah rencana mau makan lomie. BUat yang belum tau, lomie ini tipe mie kuah yang kuahnya kental, dan pake kangkung juga toge. Cocok buat yang suka sayur2, rasanya enak abis !

Buat saya, lomie paling jago di Bandung tetep ada di Jalan Suwatama daerah Pandu Pajajaran situ. Istimewanya disana, ada taburan usus ayam :) Selain itu, lomie 61 yang ada di jalan Kalipah Apo dan belakangan di Jalan Riau juga boleh dicoba. Ada satu lagi, Lomie Karuhun di Jalan Pasirkaliki. Lomie Imam Bonjol juga ngga kalah enak, mana harganya jauh lebih murah :)

Jangan cuma cerita ah, ni saya tulisin resep bikin LOMIE ;

Bahan kuah :

  1. 6 siung bawang merah
  2. 6 siung bawang putih
  3. jamur hioko
  4. kaldu ayam dari satu ayam kampung, udahnya ayamnya disuwir ya
  5. 2 butir telor ayam
  6. bumbu2 macam garam, gula putih sama merica
  7. udang 1 ons
  8. tepung kanji

Bahan Mie & kawan2 :

  1. Mie
  2. Kangkung
  3. Toge gendut
  4. Bawang goreng

Cara masak :

  1. buat kaldu ayam dari ayam kampung tadi. Ayamnya disuwir
  2. bawang merah sama bawang putihnya digerus, trus digoreng sampe kuning
  3. udangnya juga ditumis2 gitu sampe keliatan enak ya
  4. campurin semua bumbu itu (juga udangnya) ke kuah kaldu
  5. kocok telur di mangkok, masukin pelan2 ke kuah kaldu sambil diaduk
  6. masukin campuran tepung kanji sama air sambil diaduk juga

js-lomilotek1

gambar ‘minjem’ dari sini

Sebelum makan :

Siapkan Mie, toge, kangkung yang udah direbus sebentar di mangkok, trus siram deh pake kuah yang tadi dibuat. Atasnya taburin bawang goreng :)

Met makan ya. Met masak juga. Buat Amel, resep ini boleh dicoba di rumah ya, nanti undang kita makan, ok? Eh telur yang kemaren pada meledak itu udah ketemu?

Oh dan ini daftar Lomie yang menurut saya boleh dicoba di Bandung :

1. Lomie Pekalongan Jl. Suwatama

2. Lomie Karuhun Jl. Pasirkaliki

3. Lomie 61 Jl. Kalipah Apo (ada juga di Riau Junction)

4. Lomie Lianhoa di Jl. Astana Anyar

5. Lomie depan Gereja Pandu kalo hari minggu

:)

78 Comments

Filed under Info Aja, Makan Minum

78 responses to “Makan Lomie & Resepnya :)

  1. Kalau saya pernah makan lomie di Jl. Banteng bareng istri. Lumayan enak, atau karena saya belum pernah makan lomie jadi dianggap enak. Nah, karena belum pengalaman, mending Shasya traktir saya, pasti dibilang ENAK! Dijamin!

    • pashatama

      oyaaa. pernah liat di jalan banteng ya… rasanya bisa dibilang enak juga tuh :)

      yahaha, yuk atuh kapan Bang Aswi? kalo bersepeda ya!

  2. Belom pernah makan Lomie :| Sepertinya syedaph *ngiler*

  3. hiyyy…

    *mamerin gigi, siap makan lomie yg dibuat tsya*

    hayuk hayuk

    pesen atu gak pake mie, jadi loyur atuh yah?… :p

  4. Ace

    yg paling enak di daerah pandu itu ya… yg lomie pekalongan itu kah?

    sekali koprolan dari kosan gw, tapi tetep aja gw lom pernah ke situ XD

  5. kapan2 kopdar di tempat lomie yuk..

  6. bilik2engeline

    jangan yang manis yaaaa…:(

  7. ngga suka lomie… banyak sayurnya

  8. pashatama

    tinggal jangan pake sayur aja ah. kok repot :)

  9. lomie? kok baru denger ya ?

  10. maknyuuusss….

    salam kenal bloger solo yang gak isa masak..
    hehehe

    • pashatama

      salam kenal juga, makasih ya udah mampir dan komen. ah saya juga ga bisa masak cuma seneng bikin dapur berantakan aja :)

  11. hello..
    intersting..
    and very good.
    i like it

  12. saya pernah yang di kalipah apo
    bener teh, uenak..!

    • pashatama

      nah… bisi mau coba di tempat lain, lomie kalipah apo ada di Jalan Riau (lomie 61), dan juga di Riau Junction…. selamat makan ! hihihi

  13. lomie ?
    kalau ditempat saya lomie itu salomie… tapi kayak cilok

  14. Nyoba ah nanti….. :D

    *kalo udah punya rumah sendiri dan ga males beli bahan* :mrgreen:

  15. thanks ya shas buat resep nya… nambahin koleksi resep gw yang ga satu pun pernah gw praktekin… wkwkwkwk… jadi keukeuh kayaknya kalo pengen lomie, gw ke imam bonjol aja deh…. :p

    • pashatama

      ahaha, Dee… gua juga ga pernah bikin kok, mending beli aja abis yang jual2 juga enak, hehehe… lagian si abang ga suka jadi agak males kalo bikin buat sendiri mah :)

  16. itok

    ijin copas ya nengg…..

  17. setelah ditilik-tilik resep lomie ini, kayaknya gw lebih prefer langsung ke imam bonjol aja, langsung siap saji… (*dasar pemalesan*)

  18. fongs

    sha,inget gua nggak?dulu sering makan lomie didpn kampus.ntar gua cobain resepmu,gua lagi kangen ama lomie bandung,biasanya gua makan yg dikalipah ampe 2 mangkok he..he..

  19. Fong! Ga mungkin gw lupa sm elu. Kemana aja siiih? Dan kok bisa mampir kesini? Dari mana taunya? Penasaran nih.

    Iya lomie depan kampus itu boleh juga, lohun juga enak, pake ceker, nyammm!!!

  20. fongs

    emang gua pengen bgt makan lomie bdg,dijember kagak ada.resepmu mujarap nggak?gua selalu gagal bikin lomie ha..ha..ntar pasti aku coba,kalo enak tak jualan ha..ha..

    • pashatama

      jualan fooong ! pasti rame deh! cari toge nya yang gendut2 yah, jangan yang kurus2, ga enak! hehehe..
      aku masih penasaran gimana caranya kamu nemuin blog ku sih ?

  21. Wah hebat ci sekali aku search kata lomie di yahoo, yang pertama muncul blog ci shasya ini lho! berarti banyak yang buka ya… weleh2 semakin hebat aja blognya…

    btw nyalin resepnya ya hehehe… mau coba2 buat di rumah, tapi tanpa daging dan bawang…

    May happiness be unto all creatures

    from Welly Prasena (masih inget kan kohai yg di UKM?) hehehe

  22. Ayayah, Welly Kun!, pasti inget dong… Ada 2 alumnus SJ yang nyasar kesini, apa kita2 memang terkontaminasi lomie di depan kampus itu ya jadi semua hobi lomie, hehehe

    Mampir2 lagi ya…. Matta!

  23. Johnny Suparman

    Shasya, aku mau nyoba bikin nih, tapi itu tuh … bumbu garam, gulaputih&merica … dimasukkinnya di step nomor berapa dari tahap masak nya (step1-6 semua ga nyebutin masukin garam cs tuh?)
    Apa garam cs nya itu ditahuh di pisin, lantas dicocol aja?
    Kumaha ieu teh Neng?
    Nuhun.

  24. Dimasukin pas sambil ngaduk kuahnya ya… Jangan dicocol dong :)

    • Johnny Suparman

      Nuhun Neng utk resepnya,
      btw, fotonya yg lagi gigit kuku mirip HAPPY SALMON, e eeh … HAPPY SALMA! he hee …
      oh ya … Lomie-nya udah jadi, tadinya mau ngirim ke Neng Shasya, tapi keburu kehabisan dimakan kedua anakku. Sorry yah? :)

  25. Ha? Happy Salma? Hmmm tersinggung apa tersanjung ya :)

    Berhasil bikin lomie nya? Anak2nya pada suka ya, slameeettt…. Kapan2 bikin lagi, trus beli usus ayam, tabur diatas nya. Enak deeh :)

  26. ema

    makasih ya resepnya insyaallah nanti dicoba..:)

  27. Mia

    Makasih ya resepnya. Nyokap minta dicariin. Nyokap nanya, jenis mie-nya apa? Mie kuning, mie telor biasa, ato ada jenis mie khusus? Soalnya di majalah kok nama bahan dasar mie-nya namanya lomie.

  28. hartono

    saya pernah makan lomie yang di kalipahapo emang enak banget tuh semangkok keliatan nya banyak banget …. truss klo kuah nya bisa coklat gitu di kasih apa yaa ? nihh lagi cari2 resep lomie ketemu blog ini . thanks

  29. Johnny Suparman

    @Ema: bahan dasar, biasa saya beli di pasar tradisional, tukang jual bakso & macam2 mie, nama mie nya ya LOMIE atau MIE SIANTAR, yg ukuran mienya itu se-besar2 sedotan aqua gelas.
    @Hartono: saya kira bahan pencoklatnya itu kecap manis (betul enggak Shasya?)
    Happy Cooking to you all.

  30. nyummmyyy.. kayanya enakkkk.. tq y resep nya

  31. acil

    lengkapin alamat2 lomie sebandung dong.
    Pernah coba di daerah situ aksan?, lumayan juga
    di lodaya…murah, banyak, tapi…rasanya standar

  32. Min9_Li

    itu cara masaknya cuma untuk buumbu kuahnya saja y?

  33. sanny

    Sya ari jd coklat kuahnya pake kecap ato gula merah?

  34. jaya

    pernah nyobain jg tu..anyiiiiiir…… pisan euy!

  35. kusuma

    minggu2 nganggur nyoba bikin,
    kebetulan ada temen maen ke rumah, dia bilang coba ditambah taburan ebi kering goreng. bener tambah maknyus.
    thank u yah
    all the best 4 u and yr fam….
    kusuma

  36. Risan hadiputra

    Di jakarta ada ga yang jualan lomie

  37. lomie jalan ciliwung juga harus coba tuh sebrangnya daisy.
    sama lomie sebrangnya SMP7 wiiih manyos ada tambahan ceker bagi yang suka ceker ;)

  38. mlm ibuuuuu….
    aku sih dah sdikit bsa tentang lomie dan soal rasa bisa ktagihan deh bu.hehe
    yg aku pngin tempat untuk buka usaha lomie dibandung mn yg bagus ibu.
    mohon info nya bu.
    mksh ibu

    • dede

      duh mau buka jualan lomie ya kalau menurut saya sih tempat dimana saja yang penting ramai pasti bakaln laku apalagi kalau masakan anda enak banget pasti yang beli akan ketagihan dan akan datang lagi dimana pun tempat nya. sukses ya

  39. Luna

    Lomie favorit saya di seberang klinik Elim di jendral sudirman :D

  40. shandra

    Nah satu lagi…prenzz udah nyoba lomie “CERIWIS”lom…hehehhehe……ϑi komp. Taman rahayu..sekitara TKI….enak lhoooo…menurut gue….itu yg enak banget…ada angsio ceker ayam nγα…hmmm…slllrrrppp yummy….yuuukk….kapan neh kita kuliner bareng,,,,

  41. fanny

    Yg bikin warnanya coklat itu apa? Kecap manis atau gula merah. Gak disebutin tuh diresepnya.

    • pashatama

      bisa pake kecap. ini ga disebut di resep karena tergantung selera. kebeneran aja gambar lomie yang ini pake kecap, kalo ga pake juga gapapa kok.

      • acil

        kalo kecap menurut saya wajib deh, soalnya lomie rasa khasnya manis n warnanya coklat, kalo g coklat ntar ketuker sama mie siram.

  42. Tempat favorit makan lomie saya di Imam bonjol yang dekat unpad. yummy..

    Salam
    http://www.shu-travelographer.com

    • acil

      favorit karna yummy atau karna murah…;), saya sekarang lagi suka di daerah mekarwangi,samping toko buku visi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s