Belajar Bahasa Inggris Kok Gini

Saya itu kan tadinya nggak terlalu ngoyo ya kalau perihal Biyan. Di kala ibu-ibu muda sibuk masukin anaknya ke sekolah internasional, yang tentu saja berbasis bahasa Inggris, saya santai aja masukin Biyan ke sekolah biasa, yang menurut saya malah cocok dengan Biyan, dan cocok pula dengan saya. Di kala ibu-ibu lain sibuk masukin anaknya ini dan itu, saya cuma daftar les renang aja, dan kebeneran Biyannya juga seneng sih, jadi tiap les itu ya kayak rekreasi di hari minggu aja. Rencananya memang mau les musik, itu juga yang santai aja dan liat dulu anaknya enjoy apa engga. Les Inggris? Belom kepikiran deh, entar-entaran aja. Kan di sekolah juga belajar walau porsinya dikit banget.

Eh tapi trus si Biyan kan tiba-tiba bisa baca yah (saya bilang tiba-tiba karena emang perasaan ga pernah ngajarin secara khusus, eh tau-tau bisa aja, katanya di sekolah juga sebenernya belum diajarin secara intensif, baru kenal2 huruf aja gitu), nah mulailah hari-hari seru dimana setiap ada tulisan, si Biyan dengan semangat langsung baca. Nah problemnya adalah kalau nemu kata dalam Bahasa Inggris. Jadi kalau dia bacanya salah, saya suka benerin. Eh anaknya marah, hahaha….. Abis kali dia merasa udah bener tapi tau-tau salah. Belakangan malah ngomel “aku sebel bahasa Inggris, bikin salah baca”. Woh, saya khawatir jangan sampe dooong sebel sama Bahasa Inggris, ntar belajarnya jadi males-malesan. Karena walaupun nggak ngoyo pengen dia cepet-cepet bisa berbahasa Inggris, tapi saya jelas mau dia lancar-lah nanti Inggrisnya ya.

Jadi mulailah si rabid bunda ini survey-survey ya. Anak cuma satu, maunya semua-mua yang terbaiklah buat dia ya. Ada beberapa tempat les Inggris yang saya datangi, tapi kelihatannya pilihan saya ya yang satu ini ni,

EF

EF

 

Iya, EF alias English First. Weekend kemarin saya dan Biyan kesana, saya nanya-nanya dan Biyan langsung ikutan trial di kelasnya. Karena umurnya sudah 5 menuju 6, Biyan ikut kelas trial Orange Book. Dan ternyata di bawah kelas yang Orange ini ada juga kelas Blue Book dan Green Book. Lah jadi anak bisa mulai disini umur berapa? Sekitar umur 3, katanya. dalam hati agak ngomel, telat nih bawa Biyan kesini. Abis ngobrol-ngobrol sejenak, saya kemudian ikut ngintip Biyan di kelasnya.

Belajar apa ngapain nih?

Belajar apa ngapain nih?

Whoaah, ternyata seru banget mereka belajarnya. Namanya ngajar anak kecil kali ya, kan biasanya cepet bosen. Ini Biyan dan gurunya lagi tebak-tebakan nama si Puppet yang dibawa-bawa gurunya sebelumnya. Yah kalo belajarnya gini terus sih anaknya betah dong ya.

Seru amat sih Nak

Seru amat sih Nak

 

Tuh, anteng banget di kelas, kalau begini caranya, sejam sih ga berasa kali ya :)

Sementara Biyan nerusin kelasnya, saya ngobrol-ngobrol lagi di depan, sekalian nanya-nanya soal biaya kursus. Eh ternyata agak di luar dugaan ya, biayanya masihlah terjangkau. Kalau liat lokasi dan fasilitasnya kan kesannya yang bakalan mahal banget, ternyata engga.

Dan begitu ikut kursus nanti, Biyan akan dapet satu set buku buat belajar, ada juga audio CD, flash cards, portfolio, dan puppets! Bakal seneng sih anaknya.

Dan katanya, anak-anak ga akan cuma belajar bahasa Inggris di kelas aja, tapi juga ada yang namanya Life Club. Apaan sih ni? Jadi kalau di sekolah sih semacam outing gitu lah ya, anak-anak dibawa keluar, main bareng sama anak dari kelas lain yang umurnya ga jauh-jauh, sambil belajat bahasa Inggris tentunya.

Di EF juga ada yang namanya iLab, tujuannya supaya anaka-anak bisa nerusin belajar sendiri setelah sesi tatap muka di kelas. Selain itu ada juga pelatihan Practice & Play dimana anak-anak bisa mengulang apa yang udah mereka pelajari di kelas saat di rumah/ Ada juga fitur Parent Pages biar ibu-ibu sibuk kayak kita ini bisa mengikuti perkembangan belajarnya udah sampe mana.

Biyan di iLab

Biyan di iLab

 

Serius amat mukanya si Abang Biyan ni :).

Jadi sistem belajar di EF ni udah bukan sistem biasa lagi, mereka menyebutnya dengan Efekta, dimana sistem belajar ini menggabungkan empat komponen berkaitan dengan proses perkembangan bahasa Inggris yaitu Learn, Try, Apply dan Certify. Siswa EF bisa berlatih dimanapun dan kapanpun dengan iLab, fasilitas belajar online yang bisa langsung dipraktekan di luar kelas, dan bisa juga sambil bersosialisasi dalam aktivitas Life Club yang tadi sempat saya ceritain di atas.

Pilihan yang tepat buat Biyan dan mamanya ini sih :)

Masih pengen tau soal ini itunya EF? sini dong mampir yuk, lengkap informasinya disana.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7 Comments

Filed under Saya, Saya, dan Saya

7 responses to “Belajar Bahasa Inggris Kok Gini

  1. selain ke EF udah pernah berkunjung ke yang lain kak?

  2. Jadi inget dulu les kayak gini juga (bukan EF sih, hehe).. Bikin betah banget dibanding belajar mata pelajaran yang sama di sekolah, padahal waktu itu udah SMP-SMA yang lebih serius materinya. Semoga Biyan jadi senang bahasa Inggris yaaa! :)

    • pashatama

      Iya ya kenapa waktu les kayak lebih menarik, mungkin karena guru, suasana, dan teman2nya lain jadi kita ngerasa ga kayak belajar. Gw dulu ngalamin les privat dan juga les in groups begini.

      Tadinya buat Biyan pengen yang ‘rumahan’, gw bahkan nyari guru les gw yang dulu tapi beliau udaha ga tau kemana. Pas ada yang nawarin trial di EF, eh langsung cociks, terutama karena anaknya juga betah sih :)

      Thanks for visiting, La!

  3. emang bener ya, disana kalo belajar harus pake bahasa inggris, nggak ada indonesia? (untuk 12 tahun)

    • pashatama

      hai, iya mereka biasanya biasakan anak2 terbiasa dan ‘terpaksa’ mendengar dan bicara Bahasa Inggris, kelihatannya memang ini cara yang cukup efektif ya supaya anak cepat lancar berbahasa Inggris.

  4. permisi blog walking, dear :D

    saya kebetulan mantan anak EF juga nih, lagi kangen-kangennya sama EF…. :”) eh baca ini malah makin kangen. emang sih belajarnya di EF enak, ngga boring, dan sama guru-gurunya dipaksa pake bahasa Inggris. kalo udah level lumayan tinggi, gurunya full bule pula, jadi emang terpaksa mau gak mau harus interaksi pake bahasa Inggris.. Hehehe..

    salam hangat buat Biyan yah,
    dan salam kenal :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s