Ajak Ngobrol Aja!

Yang namanya ngasuh anak jaman dulu sama jaman sekarang kan beda banget. Satu hal yang paling saya ga suka dari ‘metode’ pengasuhan jaman dulu adalah saat anak kejeduk pintu, atau kejeduk apa kek’ yang laen gitu. Inget ga kalo dulu orang tua kita suka mukul2 pintunya atau lantainya dengan maksud ‘menghibur’ si anak? Memang sih saya perhatiin, si anak emang suka jadi berhenti nangisnya. Secara psikologis, mungkin si anak merasa ada hal lain yang bisa ‘disalahkan’ makanya dia ga perlu ‘menderita’ lagi🙂 Padahal, namanya kejeduk kan tetep aja sakit ya. Ga jadi nyalahin orang/barang apapun itu sakitnya jadi ilang kan?

Di hal lain, orang tua jaman dulu juga kok kayaknya hobbynya sembunyi2 ya. Gini deh, Biyan itu memang suka nangis kalo oma nya pulang. Kali merasa ga ada lagi yang manjain, hahaha…. Untuk menghindari si Biyan nangiss2 itu, mama saya suka pulang diem2 alias sembunyi2. Memang sih ya, kadang berhasil, tapi kadang juga engga. Yang ada, Biyan malah jadi tambah keras nangisnya. Hal lain lagi, soal selimut favoritnya Biyan. Saya ogah menyebutnya ‘jimat’ karena rasanya kok jadi ketergantungan banget dan negatif aja kedengerannya. Dulu, adik2 saya juga punya masing2 ‘barang favoritnya ‘nya, ada yang bantal, selimut, sama sarung guling. Mereka suka marah tuh kalo barang kesayangannya dicuci. Makanya, si mama suka nyuci diem2, dijemur diem2, sampe kering. Kalo pas ga ketauan ya aman2 aja sih. Tapi pas tau, suka malah pada tambah marah dan nangis jadinya.

Saya ga merasa lebih pinter dari si mama dalam ngurus Biyan ya, tapi saya ingin coba menerapkan hal yang sama sekali beda dengan apa yang dijalankan mama saya selama 30 taun ini🙂.

Pertama ni ya, kalo kejeduk, atau jatoh, atau kesenggol apapun, saya ga pernah memperlihatkan reaksi berlebihan. Santai aja, meskipun dalem hati suka juga deg2an takut dia kenapa2😀 Terbukti ya, faktor psikologis ternyata lebih ngarus dibanding faktor fisik. Biar udahnya benjol, tapi Biyan jarang sekali nangis keras2. Kalo jalan di kompleks aja, lututnya udah lecet2 dan berdarah sedikit, dia tetep aja asyik keliling2. Kalo udah gitu, saya paling buru2 kasih obat aja, dan biarin dia lari2 lagi.

Kedua, soal ninggalin Biyan. Saya ga pernah pergi kerja sembunyi2. Meskipun dia suka pengen ikut, dan akhirnya nangis, saya selalu pamit sama dia kalo mau pergi kerja. Juga kalo si mama mau pulang, saya biasakan Biyan untuk selalu say goodbye sama omanya, belakangan metode ini ternyata berhasil, Biyan jadi ngerti kalo oma nya setiap malam harus pulang dan besok pagi selalu datang lagi unutk jagain dia. Memang sih ya, seringkali masih suka nangis aja, namanya juga anak orang bukan robot, hehe. Tapi keliatannya makin hari dia makin ngerti.

Satu lagi soal selimut kesayangannya yang harus sering2 dicuci itu. Abis dibawa kekmana2 sih, jadiya memang cepet kotor. Pertama2 saya juga suka bingung, gimana nih cara cucinya, karena kan Biyan nyari2in terus. Nah, sekarang sih tiap mau cuci selimut itu, saya selalu ajak dia untuk ikut cuci selimutnya. Jadi dia belajar ngerti kalo selimut kesayangannya itu memang harus dicuci sering2. Yang lucu, sekarang, kalo selimutnya kotor, dia udah bisa aja ke tempat cuci sambil gumam gumam “cuci cuci cuci”🙂

Nah ini hasil editan karena diingetin Anis. Jadi ya pernah waktu si selimut itu dicuci, Biyan ngotot minta naek ke tempat jemuran diatas. Pas pegang, eh selimut belum kering. Karena tau kali ya, basah.. yang ada dia malah nyingkirin  jemuran yang lain supaya selimut dia aja yang kena sinar matahari dan jadinya lebih cepet kering🙂. Kali pikir dia gapapa jemuran mama yang laen ngga kering juga. Yang penting selimutku beres😛

Nah satu lagi soal gunting kuku. Biyan paling susah digunting kukunya, kali dia merasa terkekang banget harus duduk diem selama mamanya guntingin kuku dia. Kemaren pas kebeneran kuku tangannya kotor, trus saya pangku sambil kasih tau, “Biyan, kukunya kotor ya. Nanti masuk mulut, lama2 Biyan bisa sakit perut. Tuh liat kuku mama sih bersih. Lain kan?”. Haha, saya ga menduga abis itu si Biyan langsung teriak2, “ting, ting” sambil nunjuk ke tempat saya gantungin gunting kukunya😛 Udahnya, dia anteng deh duduk sambil saya potongin kuku 10 jarinya.

Memang sih ya, anak2 itu keliatannya kecil terus dan kita pikir dia juga ngga ngerti apa maksud kita, apa mau kita. Tapi ternyata nggak juga lho. Mereka seringkali cukup pinter untuk ngerti maksud kita. Coba deh🙂

20 Comments

Filed under Cinta, Family, Info Aja, life

20 responses to “Ajak Ngobrol Aja!

  1. biyannn!!! biyaaann!!!!

  2. pashatama

    @ petra : hoayoh Tulang Petra panik.

    @ BayuHebat : nanti boleh dicontek kalo Bayu punya anak🙂

  3. lala

    mmmmh…. the more i know you, the more i adore you… Huwaaaa… i want my babyyyyyyy….

    biyan jg jd addict sama isepan ingusnya… Hahaha, 1 dr 30 deh anak ky begitu…way the go mom!

  4. pashatama

    @ lala : haha, iya gua lupa cerita soal isepan ingusnya. kalo anak2 bayi laen kan suka males ya idungnya disedot saat pilek, eh si Biyan mah kalo idungnya udah berasa ‘penuh’, langsung ambil sedotan ingusnya aja lho…🙂

    ayo lekas punya baby🙂

  5. Aki

    Kedengerannya gampang banget.
    Semoga deh semoga….

  6. Eh kok gak nulis crita Biyan nyingkirin cucian lain demi selimutnya😀

  7. pashatama

    @ Aki : ya kadang gampang kadang susah. itulah ya, namanya anak, bukan robot🙂

    @ Anis : ahaha, iya aku lupa nis. nanti aku update, kok Anis masih inget😛

  8. owh yah barang kesukaan saya kaos superman apa batman yah pokoknya ada sayapnya lah (gak ada kolornya) yang kata enyak saya udah bluek kucel n kumel.

    Dan katanya biar gak addict dibuang tuh baju. hebatnya saya lupa kalau saya suka pake tuh baju

  9. Keren Sha. Salut. Kasih sayang dan awal pendidikan yang baik untuk Biyan. He’s very lucky to have you as his mother.

  10. okke

    Hahaha, gw sering tuh pergi sembunyi2 dari ponakan gw. Tujuan bukan biar si anak ga nangis, tapi biar proses perginya cepet, ga ketahan-tahan harus bujuk2 dulu. *dum di dum*

    Jadi pergi sembunyi2, gue rasa sebenernya bukan ditujukan buat si anak deh, tapi buat orang yang pergi. :))

  11. ntar kalo saya punya istri, mohon diajarin ya, Bu

  12. pashatama

    @ BayuHebat : memang bener Bayu ini hebat, kok ga dicuci sih? hehe

    @ Mbak enggar : semoga selalu bener ya Mbak Enggar🙂

    @ okke : bener juga ya, pantesan tiap pergi kerja telat, abis ga proses pamitnya lammmma, hehe

    @ petra : baiklah bang🙂

  13. udah di cuci. abis dicuci dipakai lagi makanya bluek banget

  14. pashatama

    @ BayuHebat : ya palingan bentar lagi selimut Biyan jadi bluwek juga deh🙂
    sore ini kopdar ga Bay?

  15. hebaaaaaaaaaaat… nanti aku mau belajar dari kamu!

  16. wahid

    kamu hebat yah….,

  17. pashatama

    @ wahid : lumayan lah, hehe

  18. pashatama

    @ Poppies : sini sini, ta kasih tau, pssst pssst… hihihih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s