Yang Jual lagi ke Pasar – what??

Postingan kali ini ada karena belakangan saya seringkali merasa tidak puas  dengan pelayanan beberapa tempat dimana saya membeli sesuatu atau makan dimana gitu.

Yang pertama, waktu Jumat minggu lalu pas kopdar. Ceritanya kita mau ketemuan di Festival Kuliner Stasiun Kereta Api. Yap, di Stasiun Kereta Api. Berhubung ini eventnya insidentil, jadi saya semangat banget kesana. Lagipula kebetulan bidang kerjaan saya kan serupa ya, jadi itung2 sekalian cek cek ombak deh.

Pas datang kesana, mejanya rapih bener, pake taplak meja segala. Sayangnya, 15 menit saya duduk disitu, sampah makanan diatas meja tetep lho ga diangkat. Manggil2 pelayan pun percuma karena ngga ada orang berseragam yang bertugas membersihkan meja. Setelah pindah meja –yang juga kotor-, saya akhirnya ‘menemukan’ seorang pemuda yang bisa diminta tolong untuk membereskan sammpah diatas meja. Jujur aja, selera makan udah menguap entah kemana. Berbarengan dengan datengnya Senny, Nata, BagusRully dan Amel, kita pun memutuskan pindah ke Paskal Hyper Square.

 

Begitu sampe Paskal Hyper Square saya kebelet pesen jagung bakar. Bukan jodoh, yang jualanya lagi ke pasar dulu, katanya, beli jagung. WTF?? Itu Jumat malem, Paskal Hyper Square lagi rame, kok dia malah pergi ke pasar. Akhirnya pesen lomie, untung tidak mengecewakan. Lomienya tidak mengecewakan, pas bayar, si kasir yang melayani saya, sambil pake topi yang ada di jacketnya, posisi duduk menyender ke tembok. Aduh… iya sih harga makanannya ga mahal-mahal banget (eh sebetulnya lumayan mahal karena setiap weekend disana dikenakan tambahan pajak), tapi sebagai yang beli atau costumer bahasa kerennya, saya merasa pantas untuk dihargai lebih dari itu.

 

Nggak cuma disitu, di beberapa tempat yang lain, saya pernah merasakan hal yang sama. Satu kali, ini agak lucu walaupun miris, saya makan siang bareng si bos. Bukan sembarang bos, pokoknya udah yang paling top kalo di tempat kerja saya sih, yang punya-lah, begitu. Makan siang di tempat makan sunda yang beken banget itu. Makanan datang satu persatu, lumayan cepet juga sih. Beberapa lauk pesanan ditaruh dalam satu piring. Setelah makanan semua datang, tiba2 si mbaknya menghampiri meja saya sambil bawa penjepit makanan. Feeling saya udah nggak enak aja tuh. Bener aja dong, pake penjepit itu, dia ambil satu babat dari piring yang persis ada di depan si bos. Diambil begitu ajah, yes, pake penjepit makanan sambil bilang, “maap, ini kelebihan”, dengan santainya dia pergi sambil bawa jepitan bersama sang babat. Baiklah. Saat itu saya kemudian mengerti kenapa di Bandung jadi berjamuran rumah makan khas Sunda yang harganya boleh dibilang, selangit. Padahal makanannya ya sama2 aja sih. Ternyata service memang mengambil porsi yang cukup besar. Membayar orang yang terkualifikasi dengan baik, pasti jauh lebih mahal ketimbang menempatkan sembarang orang untuk menjaga toko, atau melayani orang makan.

 

Yang jualan makanan memang banyak ya, rasanya semua orang bisa buka tempat makan. Tapi soal service ya jangan terlalu diharapkan. Belakangan, kita jadi seperti harus memilih, mau pelayanan yang sip, ya harus berani bayar lebih mahal. Walau seringkali, makan di tempat yang pinggir2 kok terasa lebih enak ya😛

 Nah yang ga asyik itu kalo makan di tempat yang tergolong mahal, trus dikenakan service charge,, sembari pelayanannya tetep jelek. Beberapa kali makan Thai di dago situ, waiternya sih banyak, tersebar di beberapa pojok, tapi mau manggil tetep aja susah, badannya disitu, isi kepalanya kayaknya engga deh. Mau dipanggil tetep aja susah, mendingan sekalian berdirinya ngga usah deket2…

15 Comments

Filed under Saya, Saya, dan Saya

15 responses to “Yang Jual lagi ke Pasar – what??

  1. wah teh sasha, kmrn sabtu sy k festival d stasiun… msh berantakan sih, tp untung dpt meja yg lmyn bersih

    ya… emg terlalu klo kita dah byr mahal tp service msh kurang oke, byr mahal bwt aplg? tempat? ckckck

  2. Haha.. Untung td Shasya gak ikut ke Sushidei. Tempat sih enak, makanan jg enak, harga murah. Tp nunggunya.. ugh..bisa 1 – 1.5 jam. Pdhl gak terlalu banyak org, secara kapasitas kursi jg gak banyak. Bikin hilang napsu makan, krn keburu kenyang angin.

    • hahaha, sebenernya aku ga suka sushi (ga gaul yah?) tapi aku penasaran liat tempatnya. kapan2 situ lagi yuuk? tapi kata Senny, bulan depan aja. Biar sekarang waiter & waitress nya pada ‘latihan’ dulu😛

  3. Kadang2 untuk jenis makanan yang sama terasa lebih nyaman makan di pedagang kaki lima🙂

  4. ia, mending jajanan pinggir jalan ajah…
    hahahha
    *antara emang bener enak dan ga punya duit*

  5. tapi kadang di tempat tertentu makanannya enak tapi makannya sambil tengak tengok kalo ada satpol pp ngeri kena angkut juga habis mungkin tampang saya yang jualan kali he he he

  6. tapi di warpas waiternya lumayan karasep dan harga gak bikin gw jatuh miskin tuh.. hahaha *ateuul*

    • that’s why I love WarPas bok! hehehe… engga engga, bukan karena waiterna karasep. tapi karena tempatnya enak dan harganya ga ngajak miskin. dan makanannya belakangan lumayan. lagi pertama mah engga🙂

      oya tapi gua punya cerita lucu waktu trakhir kesana. duduk di luar yah, trus kita terganggu sama kucing yg nyungsep aja deket2 meja kita. udah lama bener kita terganggu dan gua udah tendang + siram2 itu kucing ga pergi2. eh lama2 si waiter nanya, MBAK, MAAF, INI PIARAANNYA??
      hoalaaaaaaah……

  7. Hmm..
    Memang sebagai tamu..
    Tentu ingin service yg trbaik..
    Tapi kadangkala hal seperti itu ada sebabnya..
    Bisa jadi karna salary yg sangat minim..
    Hingga sang pelayan pun..
    Hanya bersikap bagus kalo ada manager saja..
    Ato mungkin memang ada sebab yg lain..
    Tapi itulah realitanya..
    Jadi, sabar aja ya ce..😀

  8. Gimana kl saling bikin situs untuk saling share hasil penilaian masing2 tentang tempat kuliner di Bandung dengan variable yang sudah ditentukan, misal service speed, main course dll. Siapa tahu bisa menjadi ukuran tak resmi buat pengusaha ataupun penikmat kuliner.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s