Bali Lagi Bali Lagi

Siapa sih yang nggak suka Bali ya kan. Saya suka banget karena Bali bisa dibilang perpaduan yang pas untuk memuaskan hasrat ‘pengen liburan tanpa mikir harus pake baju apa, ga harus dandan dan bisa sendal jepitan’ dengan ‘liburan ini pengen dress up trus duduk di tempat yang lagi happening ah”. Kebayang kan ya? Di Bali bisa duduk sampe bego di pantai beralaskan kain bali, minum bir kalengan, atau air mineral botolan yang dingin kalau udah kelamaan berjemur, bisa juga dandan cantik lengkap pake catok rambut, lipstik yang hits dan mata berbinar, kalau perlu pake fake eyelashes (yang mana sampe sekarang saya belum bisa pakenya). Di Bali bisa makan di pinggir jalan tapi nikmatnya keterlaluan, pake keringetan pula. Bisa juga duduk di tempat makan yang cantik, selain makan bisa menikmati pemandangan baik interior si resto atau pemandangan di luar restonya. Yang pasti dua-duanya memiliki nilai instagram material.

Tahun 2014 lalu ada beberapa kali saya menginjakkan kaki di Bali (oke kayaknya 6 kali). Kayak keseringan ga sih? Temen-temen saya udah mulai ngebecandain “Shasya punya villa di Bali, kesana sebulan sekali buat ngecek pompa air”. Ada juga yang bilang “Shasya kayaknya jualan Cireng di Bali”. Gitude becandaannya.  Padahal saya nggak pernah punya agenda khusus kenapa saya harus ke Bali. Walau tiap kesana agendanya lain-lain misalnya kali ini main kesini, kali itu main ke sana, kali ini main sama ini kali itu main sama itu.

Jadi kalau ke Bali saya ngapain sih? Ini yang biasa saya kerjain di Bali, boleh banget dicontek kalau lain kali kamu kesana.

1. Bengong di pantai

I love sunbathing. Sayangnya kalau punya tan line, paling bertahan dua minggu. Jadi idealnya saya ke Bali dua minggu sekali sebenernya (maunya). Sayangnya saya belom ke pantai yang ‘aneh-aneh’ di Bali, jadi pilihan pantai saya biasanya mainstream aja : Double Six, Seminyak, Padang-padang, Echo Beach di Canggu, dan beberapa pantai lain.

2. Beach Club

Ini memang perpaduan asik antara mau ke pantai tapi lagi males bersih-bersih di toilet umum. Juga kalau cuma pengen celup-celup di kolam tanpa perlu kolam gede standar olimpiade. Lalu saya biasanya ke LV8 di Canggu. Bisa dibilang mainstream, tapi saya (dan Biyan) suka banget kesana. Harganya, walau ga murah, tapi cukup masuk akal. Untuk berdua, kamu bisa tiduran sampe pegel di daybed nya yang posisinya ada persis di pinggir kolam, min spent nya Rp. 500.000. Artinya kamu perlu jajan sebanyak Rp. 500.000 aja. Untuk minum dan makan ringan cukup kok segitu. Pilihan lain ada yang min spent Rp. 750.000 dan Rp. 1.500.000. Kalau kamu males dengan sistem, kamu selalu bisa duduk di kursi aja dan pesan sesuka kamu dan ga dikenakan minimum spent, paling untuk berenang di charge Rp. 100.000 per orang

IMG_1535

Yang juga saya suka adalah Finn’s Beach Club di Uluwatu. Nyetir kesana memang agak jauh ya tapi selama perjalanan banyak pemandangan lah, banyak yang bisa dilihat. Pergi ke Finn’s kalau lagi pengen berjemurnya di pantai. Turun dan naiknya memang sedikit perjuangan karena tangganya lumayan banyak, tapi ya tentu saja terbayar kok. Pantainya cakep, bean bags berserakan dimana-mana. Bisa main Kayak sampe gosong, dan Sangria nya enak sekali (faktor penting). Kalau pengen berendem-rendem ada kolam renang kecil sebelum kita sampe ke pantainya. Disini harga per orang Rp. 250.000, yang Rp. 100.000 itungannya untuk ticket masuk, sementara yang Rp. 150.000 bisa dipakai sebagai voucher untuk makan dan minum.

Dua kali saya ke Le Pirate Beach Club di Canggu, dua kali dua kalinya ketiduran. Artinya tempatnya sepi banget kalau siang-siang, cocok kalau pengen tidur siang. Katanya kalau menjelang sunset juga asik, lain kali mesti dicoba.

3. Makan, makan, makan,

Baru-baru ini Biyan bilang nggak akan bosen ke Bali karena makanannya enak-enak. Dia bahkan sudah punya list tempat apa yang harus dikunjungi untuk makan setiap ke Bali. Sisanya boleh mama yang pilih tapi tempat-tempat ini pokoknya harus ada. Makanan favorit saya (dan Biyan) di Bali sudah pernah saya tulis disini

4. Makan tapi sambil main

Selain tempat makan yang saya datengin karena makanannya enak di atas, ada juga beberapa tempat di Bali yang saya datangi karena tempatnya enak buat bawa anak kecil, artinya selain makan, anak-anak bisa main juga. Sejauh ini tempat yang bisa masuk kategori ini antara lain Kakilima by The Sea di Canggu (oh I love this place!). Eh tapi terakhir denger katanya tempat ini tutup, bener ga sih? Ada yang tau?

Saya dan Biyan juga suka ke Salty Seagull, posisinya di Jl. Petitenget, enak buat janjian sama orang karena tempatnya gampang dicari. Makan disini berasa kayak dijamu makan di rumah temen yang kebunnya luas. Nggak bakal kerasa lagi di tengah kota kalau makan disini.

Baru-baru ini saya dan Biyan ke Pirate Bay di Nusa Dua. Wah anak-anak sih dibawa kesini pasti doyan ya. Ada perahu besar yang bisa dinaik-naikin dan bergaya ala bajak laut, bisa makan di saung di atas pohon, dimana mama bisa tidur siang sambil nunggu anaknya main. Yang asik dari Pirate Bay juga karena tinggal ke depan aja udah bisa berjemur di pantai. Kalau bosen, bisa sepedaan keliling kompleks situ, walau sewa sepedanya lumayan mahal, Rp. 125.000 per jam. Yah namanya juga di Nusa Dua.

4. Trick Art Museum

Kedengerannya males amat ya, ke Bali kok mainnya ke Museum. Tapi kalau kamu seneng foto-fotoan di Trick Art, ya haruslah mampir kesini. Adanya di Jl. Nakula, masuk dari Sunset Road. Dengan ticket masuk Rp. 100.000 kamu bisa menghabiskan waktu sambil foto-foto di ratusan lukisan trick art. Saking banyaknya saya sih sampe bosen waktu itu.

5. Berendem di kolam air panas di Danau Batur

Berendemnya tentu saja bukan di Danau Baturnya ya kan. Tapi persis di sisi Danau Baturnya ada kolam air panas natural yang bisa dipake berendem. Nyetir kesini lumayan PR karena dari Ubud aja satu jam setengah. Tapi di kiri kanan pemandangannya cakep-cakep dan banyak tempat makan pun, kalo laper ya berenti makan aja.

IMG_9220

6. Ngejar sunrise dan sunset

Karena saya hobbynya memang bangun agak siang, maka sunrise yang pernah saya lihat di Bali cuma dua : Pantai Semawang di Sanur, dan satu lagi pantai sekitar Gianyar.

IMG_2626

Sunset juga jarang nemu sih, kalaupun sempet paling karena pas ada disitu aja dan bukan ngejar-ngejar. Yang satu ini waktu di Pantai Double Six.

IMG_2983

Masih banyak sih yang bisa dikerjain di Bali, ntar kalo pas inget saya tulis lagi ya.

Oya, selamat Hari Raya Nyepi & Tahun Baru Saka 1937.

14 Comments

Filed under Saya

14 responses to “Bali Lagi Bali Lagi

  1. siska (@editor_in_chic)

    Ya udah sih, kapan.

  2. Aku suka banget dan udahh lama gak kesana huhu

  3. Tulisannya mantap, saya yang tinggal di Bali saja belum pernah merasakan itu semua.🙂

  4. Duuuuh baca ini jadi makin kangen sama Bali. Kapan kapan pengen balik lagi huhu

  5. yohsandy

    Iya, Kaki Lima by The Sea udah tutup. Terakhir Feb mau ke sana kata temen udah tutup krn masalah manajemen atau kurang laku gitu

    • pashatama

      Ih sayang amat ya, aku sih suka tempatnya, waktu kesana kayaknya udah lumayan rame padahal. udah pake minimum order untuk lesehannya.

  6. Nggak ada rasa bosan untuk berkeliling dipulau Dewata😀

  7. Hmmm rasanya bali memang merupakan tempat wisata dunia yah, banyak banget turis-turis yang bermain kesini..

    Namun entah kenapa saya tidak begitu menyukai bali karena cuacanya yang begitu panas, saya lebih suka tempat-tempat yang adem, penuh dengan rumput hijau dan cuaca cerah namun tidak panas.. Udaranya juga segar..

    Di Palembang saya temukan tempat seperti ini ternyata, yang saya pikir hanya akan ada di luar negri
    http://www.citragrandcity.com/residential/orchard-park/

  8. Teteh di Bali nyetir sendiri? *takjub* #salahfokus

    Nyetir sampe Kintamani 😱 luaaarr biasaaa 👏👏

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s