Setelah 20 Tahun Nggak Pernah Pake Sabun Cuci Muka

Setiap bepergian bawaan saya urusan toiletries selalu paling sedikit dibandingkan teman-teman yang lain. Saya nggak pakai krim malam, nggak pakai body lotion, nggak pakai obat jerawat, eye cream, dan lain-lain. Saya bahkan tidak pernah pakai sabun cuci muka.

WHAT?

Yups, sudah kira-kira dua puluh tahun ini saya nggak pernah pakai sabun pencuci muka. Dulu waktu remaja sih suka pengen coba sabun ini itu, apalagi kalau iklannya di tv kenceng, kemudian ingin coba. Sudah jenis beberapa pencuci muka yang saya coba. Dari yang milk cleanser yang setelahnya harus pake toning apalah itu, sampai sabun cuci muka berbentuk gel, foam, sampai cleanser two in one, semua pernah saya coba. Tapi kemudian saya balik lagi ke metode cuci muka sederhana, yaitu : pake air saja sekalian mandi.

Banyak banget yang tanya “itu mukanya ga kotor? debu gimana? make up? ga jerawatan?”

Alhamdulilah ga jerawatan, dan so far ternyata muka saya baik-baik aja tanpa pencuci muka. Soalnya saya bukan tipe yang ber make-up berat setiap hari. Dulu waktu ngantor aja muka saya cuma dikasi cream bayi, foundation tipis, dan bedak. Sehari-hari saya nggak pake eye liner dan mascara, hanya eye shadow tipis dan pinsil alis yang kadang-kadang belom sampe rumah aja udah luntur duluan. Jadi cuci muka pake air ya cukup banget. Kalau pas ke undangan yang dandannya agak berat, barulah saya pake make up removal.

Trus kenapa ga pake sabun pencuci muka?

Karena saya nggak suka efek kering yang ditimbulkan setelah cuci muka pake sabun atau cleanser. Mukanya keset tapi kayak ketarik kanan kiri, berasa tegang gitu kayak mau retak-retak (ya padahal ga mungkin retak sih ya kan). Trus pernah sampe kulitnya mengelupas walau sedikit, tapi ya lumayan perih.

Trus saya nemu yang namanya Cetaphil.

IMG_5773

Saya langsung suka sih sama si Cetaphil ini. Salah satunya karena dia ga bikin kulit kering kayak cleanser-cleanser lain. Tapi alasan utamanya adalah karena dipakenya praktis banget. Bisa dibasuh air, bisa juga enggak. Yes, bisa juga cuma dioles ke muka kemudian dilap pake tissue yang lembut. Tadaaa, mukanya bersih tanpa kering dan tanpa repot. Pas banget kalau buat diajak traveling, apalagi pas road trip yang jauh gitu, kan suka berasa muka kotor banget, lain kali sih tinggal bawa Cetaphil aja.

Tadi pagi bangun tidur saya nyoba cuci muka sambil manasin mobil. Sekalian itung-itung latihan pas nanti bepergian lagi

Asik juga hasilnya. Muka terasa bersih, muka ga berminyak walaupun sejak bangun pagi belum kena air, dan rasanya hampir seperti udah mandi! Tapi abis itu saya tetep mandi kok๐Ÿ™‚

Oh waktu cuci muka pake Cetaphil pagi tadi kan saya udah pake softlens. Nah pas bersihin bagian mata, ga kerasa perih kok. Padahal pake softlens itu bikin mata lebih sensitif, pake mascara aja nggak pernah bisa lama-lama karena zat dari si mascara itu bikin mata perih. Suka karena Cetaphil bersahabat sama mata ber-softlens saya, laff.

Karena iseng, walau belum berlipstik tadi saya coba juga untuk bersihin bibir. eh sama lho efeknya kayak ke kulit, ndak kering sama sekali, mungkin karena Cetaphil nggak berbusa ya, nggak berparfum pula. Makanya kalau coba dibasuh dengan air pun Cetaphil ini nggak mengeluarkan busa seperti sabun-sabun cuci muka pada umumnya.

Sejujurnya belum tau sih, apakah sejak ini saya akan mulai lagi pakai cleanser atau mau seperti sebelumnya, cuci muka pakai air saja. Tapi penasaran sama hasil pakai Cetaphil selama kurang lebih satu-dua bulan nanti lah. Baru pakai dua minggu kan belum terasa jangka panjangnya, yang langsung kerasa sih mukanya lebih halus dan kencang.

Saya juga suka karena Cetaphil ini tidak wangi ya. Tau kan ada beberapa sabun cuci muka yang wangi banget sampe ganggu? Apalagi kalau pakenya pas mau tidur, ga enak banget ada wangi-wangi di hidung : )).

Trus sekarang setelah liat cetaphil.co.id, saya jadi penasaran pengen coba moisturiser, dan tabir suryanya, ada juga tabir surya dengan SPF 30 yang mengurangi minyak di wajah lho. Saya sungguh penasaran!

Kamu udah coba pake Cetaphil juga? Share Cetaphil Experience kamu juga dong.

Dan coba kita lihat dalam satu-dua bulan mendatang, apakah Cetaphil akan bikin saya pakai cleanser lagi untuk membersihkan muka?

IMG_5907

Oya, baca juga Cetaphil Experience lain dari ciwey-ciwey kece ini yuk

Nita Sellya – yang lagi asik belajar dandan #NitaBelajarDandan

Swastika Nohara – yang muka anaknya jadi kayak jelly fish setelah pakai Cetaphil

Eny Firsa – yang mukanya jadi kayak bokong bayi setelah pakai Cetaphil

Terry Endropoetro – yang mengajak Cetaphil keliling-keliling naik sepeda 

 

16 Comments

Filed under Cantik, Kesehatan, life, Saya, Saya, dan Saya

16 responses to “Setelah 20 Tahun Nggak Pernah Pake Sabun Cuci Muka

  1. Yakin abis cuci muka di mobil terus masih mandi?
    Du du du du du….

  2. Aku pakai Cetaphil dan ini praktisssss banget! Suka! โค๏ธ

  3. hmm.. menarik nih untuk dicoba.. soalnya selama ini muka rada kering kalo abis cuci muka..

    • Pashatama

      iyaa, gw akhirnya ga pake sabun tu ya karena males muka kering-kering dan kadang-kadang sampe kerasa perih. Semoga cocok Vir.

  4. Aku lagi pake 2 mingguan ini mbaaak, enak efeknya kenyel kenyel gitu. :))

  5. Pingback: Review Cetaphil Gentle Skin Cleanser - nitasellya.com

  6. hahaha kalo kak Shasya abis pake ini tetep mandi, kalo aku enggak๐Ÿ˜€ *konsisten*

  7. aku juga nulis lho! #anakanyademanding
    Tapi waktu pertama ketemu dirimu kukira kulitmu dirawat banget lho
    kalau memang kulitmu ga bandel, ya ampun beruntungnya dirimu bisa ngirit biaya serum ini itu #iri

    • Pashatama

      Aw aw I took that as a compiment lho, thank you๐Ÿ™‚

      Kamu nulis juga yaaaa, aku link boleh dong ya Leenk ๐Ÿ˜‰

      Iyaa beruntung banget aku jadi ga repot, moisturizer aja yang cream bayi beli di supermarket hihi

  8. Eh mantep banget kamu Kak 20 tahun nggak pake sabun cuci mukaaa ๐Ÿ˜ฑ pake Cetaphil tapi emang enak banget ya lembut :3

    • Pashatama

      Iyaa lembut. Aku mau cek dulu sebulanan, kalau hasilnya lebih baik daripada pake air doang, mau aku terusin

  9. mukanya kinclong dan cantik lg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s