Category Archives: kerjaan

Tag Aku, Kau Ku-Report As Spam

Seperti yang kamu, kamu dan kamu mungkin tau, saya kan sekarang ceritanya jualan online. Pertamanya sih jualan boneka Angry Birds kan ya, dan cukup booming. Sampe sekarang  banyak dapet temen baru juga karena banyak yang belinya cukup nagih, beli 1, barang sampe, beli lagi 2, barang sampe, beli lagi banyak. Alhamdulilah

Paling seneng kalo yang alamat kirimnya ke kantor. Nah kantoran kan banyak orangnya tuh ya, jadi kalo kirim ke kantor, yang udah udah temennya ikutan beli, begitu terus sampe sekantor lengkap boneka Angry Birds nya. Pelanggan senang, saya pun tentunya.

Dari sekedar boneka Angry Birds, jualan kemudian bertambah jadi pernak pernik Angry Birds yang lain, gantungan kunci, tas, dan barang-barang lain. Sampe sama @MarinaTjokro di Twitter saya dipanggil Mami Burung. Oh well.

Lalu kegiatan berjualan pun bertambah lagi, saya jualan MP3 Player juga sekarang. Singkat kata, acara jualan yang tadinya cuma iseng-iseng lucu akhirnya jadi serius karena ternyata lumayan hasilnya. Dan berhubung jualannya on line, ga terlalu menyita waktu, dan juga cocok buat saya yang suka ga enakan sama yang beli. Dulu-dulu kalo jualan terus ditawar, saya suka pasrah ga enak nolak. Kalo sekarang sih, kan ngobrolnya online, jadi tinggal bilang, “maaf harganya pas” terus kasih deh emoticon senyum supaya kesennya jauh dari judes.

Nah mau cerita dulu, sebelumnya saya tuh paling bete kalo belanja online terus dipanggil “Sis, sis”. Kagok gitu dengernya. Nggak kenal aja kok panggil begitu. Tapi sekarang berhubung saya yang jualan, dipanggil “Sis” ya pasrah aja. Temen saya pernah tanya “berasa digaplok ga biasa benci sekarang dipanggil SIS?”. Saya jawab, “iya berasa, tapi berasa digaplok duit sih jadi gapapa”. Hehehe…

Berhubung jualannya mulai di twitter, saya lebih aktif jualan di twitter. Tapi lama-lama, seiring dengan barang yang terus bertambah juga, saya akhirnya memutuskan bikin blog. Bukan apa-apa, yang mau beli kan suka pengen liat gambar-gambar barang yang banyak itu, nah kalo saya posting semua di twitter, bisa banjir deh  TL saya, ga enak juga kan. Jadi 2-3 gambar saya posting di twitter, sambil menyertakan alamat blog saya dengan harapan pada mampir (dan beli, ehem).

Nah terusnya, ternyata banyak juga orang yang lebih akrab buka Facebook ketimbang buka blog. Maka saya pun buka toko online di Facebook. Terus muncullah dilemma. Banyak toko online yang lumayan sukses berjualan di Facebook kan. Dan ternyata salah satu modalnya adalah nge-tag orang.

Duh.

Saya pribadi sering sebel kao di-tag online shop di Facebook. Terutama di tag barang yang jelas-jelas engga, misalnya iPhone dengan harga Rp. 1.500.000 (langsung block onlineshop nya). Tapi kan ada beberapa temen yang punya online shop di Facebook (dan saya memang suka beli produknya). Kalo sampe di-tag temen, biasanya saya remove tag aja diem-diem, tanpa pake ngomel. Gimana ya, namanya sama temen kan pamali benci. Nah kalo giliran di-tag online shop yang entah siapa yang punya (ketambahan saya ga minat beli pula), biasanya langsung saya remove tag nya, trus unfriend deh.

Gengges Cin, sumpeh deh.

Oya, waktu mulai jualan di Facebook, saya khusus membuat satu akun baru. Memang sih rempong berat  nge-add teman-teman baru, butuh waktu dan suka di’hukum’ sama Facebooknya gara-gara kebanyakan nge-add orang, belum lagi kalo diantara yang di-add itu ada yang me-report saya as spam.

Nah, pas akun sudah jadi dan saya mulai add sana sini, saya akhirnya sampai di sebuah lingkungan baru. Lingkungan online shop di Facebook yang, oh-my-god, seperti sebuah rimba yang menyeramkan. Semua orang berjualan disitu, semua orang saling nge-tag satu sama lain, dan banyak diantara pemilik online shop yang bahkan ga berusaha bikin tampilan foto yang bagus, gambar buram di-tag ke muka orang. Oh gawd.

Saya kemudian tersadar, saya ga bakal survive di dunia ini, jualan di Facebook maksudnya. Saya tau nge-tag orang sembarangan itu ga etis dan saya ga mau ikut-ikutan cuma supaya dagangan saya laku.

Jadi begitulah, ‘karir’ saya yang sedemikian singkat berjualan di Facebook pun kandas tuntas tak berbekas. Akun berjualan masih saya pakai, cuma sekedar untuk memuat album dari foto-foto barang dagangan, dengan harapan bisa memudahkan calon pembeli yang mau liat foto lengkap.

Buat yang jualan di Facebook, jangan repot-repot merasa tersinggung ya, kalo saya ga suka, saya tinggal unfriend. Kalo saya remove tag doang, boleh dong ya :). Dan belum tentu sih semua orang sama rewelnya kayak saya, soalnya saya juga pernah ngalamin diminta orang “tag ke saya ya Sis”, laaah ada yang doyan di-tag malahan :).

Jadi ke Twitter-lah saya kembali. Alhamdulilah banyak banget temen-temen yang suka bantuin RT barang dagangan, akhirnya banyak yang suka liat dan beli dagangan saya, di luar follower saya sendiri.

Pun di Twitter, saya biasanya hanya ‘melempar’ foto, lalu mengarahkan peminat ke blog untuk mellihat spesifikasi barang dan foto-foto barang lainnya. Tapi saya nggak pernah mention orang terus ‘nyodorin’ barang dagangan ya. Saya pribadi pun pernah merasa terganggu dengan mention dari orang ga dikenal trus nyelonong “mau dapet pulsa gratis? follow akun ‘@XYZ’”. Uh oh, ga sopan, mas, mbak, terutama kalo kita ga kenal.

Iyah, begitulah, pengalaman baru di dunia jualan online. Banyak serunya, banyak juga salahnya, semoga banyak duitnya :D.

Eh sekalian promosi ah, boleh dong. Blog jualan saya bisa dikunjungi di www.tumitama.com dan kalo mau add di Facebook boleh juga, tinggal di-search aja, namanya Tumi Tama, atau klik ini aja.

Terus, kenapa sih namanya Tumi Tama ? Nanti kapan-kapan saya cerita ya :).

13 Comments

Filed under kerjaan, Saya, Saya, dan Saya

Kopdar di Toko Coklat

Aww… postingan pertama dari si tablet :) Ternyata udah lumayan lama ga posting ya, Bener si Anis bilang, kita ini blogger offline, kebanyakan kopdar daripada posting :) Dan satu yang saya sadari, pantes aja ga bisa cari duit dari nge-blog, begitu kudu ngeblog dikasih deadline, seperti postingan soal Aston, langsung melempem idenya :( ah well … semoga abis posting yang satu ini masih punya ‘hasrat’ untuk posting satu lagi. Semoga.

Well, seperti hari Jumat yang sudah sudah, Jumat tanggal 28 ini kita kopdar juga. Bilanglah komunitas blogger. Yang ada, sesungguhnya kok lebih mendekati komunitas facebooker ya ? Di kopdar tadi, Yessi malah nyatet alamat email aja untuk add facebook dibanding nyatet alamat blog. Alasannya cukup dapat diterima, di facebook, semua bisa ketauan, foto, blog, dan daily activities, hahaha…. couldnt agree more with you, Yes.

Tadi kopdar di Toko Coklat. Jujur aja, saya semangat banget mau kopdar di tempat ini. Soalnya beberapa kali nggak sengaja lewat, tempat ini menggoda banget. Keliatannya ‘hangat’ dan welcome sekali. Saya bukan penggemar berat coklat seperti Bayu tapi toh saya tertarik untuk nongkrong disitu, merasakan kehangatan tempatnya dan juga mencoba berbagai hidangan coklatnya. Karena itu, dari kopdar minggu lalu di Aston, daya udah ‘ribut’ aja untuk kopdar di Toko Coklat (sebelumnya kami sebut Rumah Coklat, ternyata salah). Antusiasme saya juga membuat saya bolak balik melihat iklan di Bandung Info Media untuk liat foto tempat dan alamat lengkapnya. Temen2 di milis flexi tentunya tau gimana siang tadi saya kirim sms berupa alamat lengkap si Toko Coklat beserta nomer teleponnya. Itu karena saya mencari iklan lengkapnya, juga googling, siapa tau ada yang pernah menulis soal tempat baru ini. Pendeknya, saya super semangat.

Tiba di tempat, gada yang aneh. Menu yang saya nilai cukup sedikit untuk ditawarkan, toh tidak menciutkan niat saya untuk mencoba beberapa hidangan. Risoles ham & keju jadi pilihan utama. rasanya ngga malu2in. Meskipun kalo dipanasin dalam microwave tentu lebih menggoda, harganya yang Rp. 6000 juga cukup worth it lah :) Apalagi saya penyuka risoles, pastel, croquet, you name it :) Buat minuman rupanya tidak terlalu banyak pilihan. Berhubung panas banget tadi, ice chocolate jadi pilihan pertama saya. Habis dalam 3 kali sedot :) lumayan enak, walaupun agak terlalu mahal, Rp. 15.000. But hey, we also pay for the nice place :)

Ada di Toko Coklat, tentu aneh kalo kita nggak makan coklat kan. Ganache Rhum dan Liquor jadi pilihan saya. Harganya ga terlalu mahal, Rp. 3500 dan Rp. 4500 saja sebijinya. Meskipun ngga mungkin makan satu kan ya ? jadi ya, Rp. 15.000 an juga jatohnya. Rhum nya kerasa banget, kalo yang suka dengan aromanya, this will be your favorite. Apalagi yang liquor. Saya jarang nemu coklat lokal seenak itu. Wah, laen kali ngga usah minta oleh2 dari Holland, ini ada coklat lokal yang ngga kalah enak ! Sembari makan pesanan sendiri, saya sempat ‘membantu’ Rolly ngabisin soup pesenan dia. Menurutnya, soup nya agak aneh, sementara menurut saya, it was one of the best :) sayang aja udah dingin. Yah namanya juga minta, hehehe.

Hari tadi Toko Coklat lumayan rame. Meja yang tersedia nggak terlalu banyak. Kita karena banyakan, kebagian tempat di dalam ruangan. Sementara ada 2-3 meja terisi di halaman samping. Seperti saya bilang, suasana cukup hangat.

Ya, suasana hangat sampai saya mendapati wajah yang cukup nggak enak dari tempat saya duduk. Setelah saya beberapa saat mengamati, rupanya wajah ngga enak itu berasal dari si empunya Toko Coklat. Berulang kali saya mencuri pandang, wajahnya mengatakan bahwa dia terganggu dengan kehadiran kami disitu. Ada sekitar 20 orang kami kumpul, dan tentu aja suara udah ga bisa dikontrol lagi ya. Semua melepas rindu. Apalagi ada Lala yang baru dateng dari Jakarta. Semua panik dan berengerubutin Lala. Dengan volume suara yang memang tidak terkontrol. Saya cenderung diam dan bolak balik ngecek sms yang memang juga perlu dibalas. Sesekali ketawa bareng temen2 tapi tetep ngerasa si empunya tempat merasa nggak nyaman dengan kehadiran kami disitu. Selain saya, Aki rupanya merasakan hal yang sama. Dia berinisiatif untuk datengin si empunya tempat dan nanya. Saya tadinya kurang setuju. Saya pikir, sudahlah, daripada bikin suasana ngga enak. Tapi Aki bilang, “we dont deserve an expression like that here“. Mendengar itu, saya setuju banget. Gini ya, saya kebetulan bekerja di tempat umum dimana saya mengandalkan tamu2 yang dateng dan makan di tempat saya for running the business. Giliran ada tamu yang nyebelin aja, saya harus tetep welcome dan senyum lho. Ini, jelas2 kita ada disitu, wajahnya HASEUM (baca : asem). Dan they both, husband and wife I think, had similar expression.

Setelah dihampiri dan ditanya apakah mereka keberatan dengan keberadaan kita disitu (bayangin, masa sih ada harus keberatan kita makan disitu?), kita dapat juga jawaban. Ok, they were worry because they plan to close the shop at 8 and it was 7.30 already. Ah terjawab sudah…. rupanya khawatir kita nggak bubar di waktu yang diharapkan :). Sebetulnya sederhana aja, tinggal bilang toh? Bahkan seharusnya mereka bisa memakai kesempatan itu untuk last order ya. Bisa bilang, “Hey, we’re closing at 8, so will you guys make a last order? “. It’s a good way to make money, because people will feel they have to make an order :) Bekerja di beberapa tempat dengan bidang serupa membuat saya lumayan paham soal itu.

Aki sempat menduga bahwa mereka merasa jumlah orang yang dateng mungkin tidak sesuai dengan jumlah order yang dibuat. Tapi mengamati beberapa dari kami bolak balik memesan dengan menu yang memang ‘sekedarnya’, rasanya itu bukan alasan yang tepat. Kalau saja mereka sadar bahwa omongan customer adalah cara yang paling baik untuk berpromosi :) Kita mungkin cuma duduk disitu dan menghasilkan omzet sebesar tiga ratus ribu sekian, tapi if we had a great time there, imagine what will they get? a free promotion! Masa kita harus bilang kalo kita2 ini blogger yang tulisannya lumayan beredar dimana2 sih? Hehe, *sombong*

Ah well, kesian Anis dan Yessy yang dateng belakangan, yang makan

Anis Panik Nunggu Milkshake :)

spaghettinya buru2 bener dan panik karena kita udah minta bill even before the milkshake came. Maaf ya Nis, baca postingan ini tentu membuat Anis ngerti? hahaha……

So, dengan pemikiran bingung, kenapa di hari weekend ini mereka tetep insisted tutup jam 8, kita bubar jam 20.10. Maaf lho, membuat terlambat 10 menit :) Tapi kita sempet foto bersama di depan Toko Coklat, untuk mengingat bahwa suatu saat dulu kita pernah kopdar disitu (saya nggak yakin akan ada kopdar lanjutan di tempat yang sama, to be honest).

So, the big question is, will I come again in the future ? I think so, maybe. Kalo suatu waktu saya pengen makan coklat enak, dan engga terburu2 :) Soalnya alasannya ada 2. Supaya nggak merasa ‘terusir’ dan juga halaman samping itu kayaknya asyik juga dipake ngumpul di sore hari.

Oya, waktu kita bubar jam 20.10, satu meja di halaman samping itu masih ada tamunya. Wondering aja, apa cara mereka untuk ‘mengusir’ tamu itu ya ?

Oya, kopdar hari ini asyik banget.Ada 5 blogger yang baru gabung… ayo, selain Yessy, mana alamat blognya ? :) Buat yang lagi liburan di Bandung, hope you have the nicest holiday here in Bandung. Buat yang masih di Bandung, jangan lupa kopdar minggu depan ya :)

Seabis Toko Coklat, kita sempet makan baso malang yang enak di deket situ, dan akhirnya bubar, saya langsung menuju Chill Out, dimana harus ketemu beberapa temen. Sampe rumah almost midnight, tapi ngotot harus posting ini. Hope you all have a nice evening like I did (kecuali muka HASEUM itu tadi, betul2 tidak termaafkan, hehe).

Tidur yuk ?

nb : oya, fotonya nyusul yah, masih nunggu dari Wirawan atau Bayu.

eh, ini udah ada fotonya :) Makasih ya Bayu, kamu memang Bayu Hebat!

Kopdar di Toko Coklat

Kopdar di Toko Coklat
Kopdar di Toko Coklat

Kopdar di Toko Coklat

52 Comments

Filed under Batagor, Friends, Info Aja, kerjaan, Kopdar, Makan Minum, Sahabat, Saya, Saya, dan Saya

Nggak Usah Judes

Suka pada makan di tempat umum kan? Maksudnya di cafe, di restoran, di kedai, atau di tempat makan pinggir jalan. Saya, suka banget. Makan ngga harus mahal, asal diladenin, selalu aja enak, hehehe.

Belakangan saya suka merhatiin orang-orang yang makan di tempat umum tadi ya. Utamanya, cara mereka manggil waiter atau waitress untuk minta sesuatu. Ada yang sibuk ngangkat tangan tinggi, ada yang sibuk teriak2, ada yang harap2 cemas nunggu si waiter/waitress nya lewat.

Saya sendiri, seringkali ada di posisi yang ketiga. Iya, harap2 cemas si waiter atau waitress nya lewat, supaya ngga usah angkat2 tangan, apalagi teriak2. Beberapa orang yang saya perhatiin, suka ada aja lho yang manggil si waiter itu dengan gaya yang bossy (Pong, gua pinjem nih istilahnya). Kebayang ngga sih? iut lho, yang manggilnya dengan nada judes, merintah dan saya rasa nggak ada kontak mata. Kenapa bisa begitu? Mungkin karena si tamu merasa ‘derajat’nya lebih tinggi dari yang ngeladenin kali ya.

ngga usah judes. dan ga usah lama :)

ngga usah judes. dan ga usah lama :)

Ga bermaksud menggurui nih. Cuma mau bagi pengalaman aja. Sambil kuliah dulu kan saya pernah kerja di cafe ya. Memang sih bukan bagian service, tapi pernah aja dong ngerasain ngeladenin tamu yang pesen2… pernah juga kerja di butik yang juga bolalk balik ngeladenin tamu minta size, minta warna, dll deh pokoknya. Nah, dari pengalaman itu saya banyak belajar, bahwa kalo kita lagi di posisi ngeladenin, trus tamu yang ada malah nyentak2, atau ga berusaha membuat komunikasi yang cukup ‘enak’ dengan kita, aduh rasanya ga enakkkk sekali. Belom lagi kalo pas kebagain abis long shift, alias jam kerja nggak ada matinya, mana capek, mana akhir bulan, gajian masih jauh, haduuuuh :) Ugh, belom lagi kalo deep down lagi punya masalah pribadi ya.

Makanya, kalo saya makan dimana gitu, atau beli apa gitu di toko apapun, saya selalu berusaha untuk bikin suasana yang enak antara saya sebagai tamu, dengan si waiter atau waitress atau SPG yang ada. Buat saya, judes2 sama mereka beneran nggak ada untungnya lho, malah entar yang ada makanan kita diapa2in, hahaha, males.
Jadi, masih suka pada judes2? ga musim tau ! :)


*gambarnya ngerampok dari http://www.collider.com

15 Comments

Filed under Info Aja, Kerja, kerjaan, life, Makan Minum, Saya, Saya, dan Saya

Semoga Tambah Pinter

Banyak hal yang terjadi sama saya selama tahun 2008 kemarin.Bad things, good things, semua datang tanpa perna direncanakan. Hidup saya ini memang ga pernah cocok sama yang namanya perencanaan kayaknya. Makanya saya ga buat resolusi lagi, cukup catat pelan dalam hati sajalah.

Yang jelas, tahun 2008 kemaren dapet kerjaan baru yang waaaaaaaaay better dari kerjaan sebelumnya. Bersamaan dengan itu, juga dapet temen2 yang sungguh sangat menyenangkan :) Nor that I dont have fun friends di kantor yang dulu ya, well, not so many of them aja.

Di tahun 2008 ini juga banyak hal hal ga enak yang terjadi, semua berimbang lah, antara yang baik dan jelek. Prinsip cuma satu, jalani, hadapi, whatever it is. Sambil belajar lah tentunya.

Pertengahan tahun kemaren ketemu sama komunitas blogger Bandung. Saya seperti jadi menemukan penghuni2 dunia baru saya, karena tadinya kan hampir 3 tahun ngeblog ‘sendiri’ aja. Sekarang jadi rame, banyak temen. Meskipun di akhir taun belakangan ini kok kayaknya kita lebih pantes disebut komunitas FACEBOOKER aja ga sih? hahaha…… secara tagging & komen foto kok ya merajalela membabi buta begene. Gimana, guys ?

Kopdar jadi makanan sehari2, tadinya nunggu sebulan sekali , sekarang mah itungan jam aja udah ada tuh undangan kopdar. Kita2 ini memang blogger off line nampaknya, banyakan kopdar daripada posting, malu2in aja! hahaha….

Di komunitas ini juga saya menemukan banyak hal baru, charity juga jadi makanan sehari2, sering bener lho. Keren banget kita ini. Dan saya baru menyadari kalau terlibat di hal sosial tanpa mengusung bendera apa2, baik itu komersil maupun aliran rohani ternyata sungguh menyenangkan dan semua jadi ringan. Beramal dan bersosial tanpa memandang golongan, nikmat.

Banyak kedatengan temen2 baru di 2008 kemaren. Temen chat sampe gila, Teppy, Smitun, Lala, OP. Ada jua temen mencela sampe ngikik abis. Oh Sis, kalau mencela itu dosa, udah segede apa dosa kita???

Tahun 2008 kemarin saya juga diingetin betapa pentingnya teman di dalam keseharian kita. Adanya temen2 di sekitar saya sungguh banyak membuat ringan langkah kaki ini dan juga selalu membuat senyum di wajah saya :)

Di rumah, selalu ada Biyan yang bikin gemes terus. Saya sampe mikir untuk udahan aja ga mau punya anak lagi ah. I’m too much in love with him. Sambil nulis ini saya berharap ngga ada malaikat yang nyatet, siapa tau berubah pikiran, hahaha….. Beneran, ga akan ada habis2nya cerita soal Biyan sih. Liat aja fotonya di FB, adorable :)

Saya merasa sedikit lebih dewasa taun 2008 kemaren. Banyak hal, misalnya adanya Biyan dan juga beberapa masalah yang datang pergi membuat saya banyak belajar, semoga dibarengi dengan TAMBAH PINTER, jangan belajar2 aja tanpa tambah pinter dong ah.

Akhir taun ditutup dengan suksesnya satu kerjaan. Seneng, lega. Cape dan kesel terbayar lunas SEMUANYA.

Apalagi coba, cuma bisa bersyukur ga putus-putus, Thanks God

Sesusah apapun masalah yang ada, bersyukur saya masih bisa tersenyum dan tertawa….

15 Comments

Filed under Batagor, kerjaan, Kopdar, life, Sahabat, Saya, Saya, dan Saya

Ide dong, ide!

Gila, waktu itu kalo ga dibilang lari ya terbang begitu aja. Rasanya baru kemaren sibuk2 ngurusin Food Adventure pertengahan 2008. Sekarang saya udah musti muter otak lagi buat mikirin acara serupa yang bakal digelar tanggal 19-29 Desember 2008 mendatang.

Masalahnya…. seperti biasa, mati ide nih. Lagi mikir2 untuk ngasih nama event ini sesuai tahun lalu : Food Carnaval. Saya suka banget nama event itu, kesannya makanannya ngumpul gitu dan berasa yang enak banget, juga meriah. Tapi kan setiap event nama nya beda2 ya. Ada Food Festival, Food Carnaval, terakhir Food Adventure.

Jadi, guys, tolong dong cariin nama yang asik dong. Pengennya dapet nama yang gampang didenger, gampang diinget, tapi bikin juga kesan bahwa event nya rame, dan makanannya banyak. Bagus juga sih kalo bisa menyiratkan bahwa ini event akhir taun…

Saya sih sempet kepikiran, Food Parade. Kan kesannya makanan enak ber-jejer2 gitu ya. Cuma bacanya aja yang kurang asyik. Kalo baca Food Pereide (sesuai lafal menginggris ya), kok ya kurang akrab di telinga. Mo baca Food Parade, kok ya ga pas depannya menginggris, belakang nya meng-indonesia kembali….

Ada ide lain?

21 Comments

Filed under kerjaan, Makan Minum